Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 20 Mei 2012

Cinta pasti memiliki...

Aku mencintaimu
Cinta... Love... 愛... 사랑... Tresna... Любовь... Liebe... Atau apalah itu namanya... Setiap kebudayaan mengenalnya... Setiap orang pasti pernah merasakannya. Entah sebagai yang mencintai atau yang dicintai. Cinta adalah energi. Karena tanpa cinta, maka kehidupan tidak dapat berlangsung. Mengapa demikian? Karena adanya cinta, elektron-elektron dengan rela berpindah dari atom elektropositif menuju atom elektronegatif. Karena cinta pula ketika gas klorin yang mudah meledak dan padatan natrium yang sangat reduktif bersatu, mereka saling meniadakan sifat buruknya masing-masing. Mereka malah menjadi senyawa kimia yang berguna untuk menjaga homoeostasis makhluk hidup. Karena cinta pula sebuah atom bernama Karbon (C) rela berbagi dengan sesamanya dan atom-atom lainnya. Membentuk molekul-molekul sederhana bahkan makromolekul yang luar biasa indahnya. Mereka bersatu padu membentuk polimer, karbohidrat, protein, lipida, dan lain sebagainya.

Cinta membuat hidup menjadi lebih hidup. Hidup terasa begitu menggairahkan. Segala macam sakit menjadi tak  dirasakannya lagi. Cinta membuat sebuah peradaban menjadi berkembang. Cintalah yang membuat kehidupan di bumi tetap lestari. Tanpa ada cinta semua hanya menjadi keheningan tanpa bentuk. Cinta tidak mengenal ruang dan waktu. Cinta tak hanya dikenal oleh organisme-organisme multiseluler yang berotak. Molekul, atom, partikel, quasar bahkan juga memahami hakikat cinta. Cinta pasti memiliki. Segala sesuatu yang memiliki cinta pasti ia memiliki dan dimiliki.

Sun of Love
Mengapa cinta pasti memiliki? Karena cinta adalah energi kehidupan. Ia adalah salah satu naluri dasar makhluk hidup dan juga partikel elementer. Jika ada orang yang berkata: Cinta tak harus memiliki, ia tak berarti putus asa akan kehidupannya. Cinta pasti memiliki, terkadang dalam bentuk yang berbeda dari yang kita inginkan. Ia adalah energi konstruktif yang mampu membangun sebuah mahakarya bernama alam semesta. Orang yang merasa cinta harus memiliki dapat jatuh ke dalam kepesimisan. Ketahuilah, sekalipun cinta bertepuk sebelah tangan, cintamu kepadanya dapat diekspresikan sebagai merelakan kepergiannya. Merelakan ia pergi untuk bahagia adalah rasa cintamu untuknya. Ia tetap memilikinya sebagai kenangan manis dalam memori hidupnya.

Cinta memiliki beragam bentuk. Tak semua bentuk adalah cinta sejati. Kenalilah cinta sejatimu. Tanpa pengenalan cinta sejati, maka yang terjadi adalah buta karena cinta. Cinta yang buta hanyalah kesia-siaan.Cinta buta berarti tak memahami dirinya sebagai pencinta maupun yang dicintai. Cinta buta hanya menunjukkan ke jalan kesengsaraan. Cinta buta hanya menyebabkan diri merana di tengah mahakarya cinta. Cinta yang benar tak menyebabkan akal menjadi buta karenanya. Cinta yang benar akan menjadi energi yang luar biasa. Cinta yang benar akan berdampak positif terhadap diri, teman, linkungan, bangsa, negara, bahkan umat manusia.

Cinta yang sejati tidaklah menghakimi. Cinta yang sejati tidaklah harus menyerahkan selembar kartu merah hati ataupun mawar tanpa duri. Cinta sejati bukan berarti seiya sekata sampai mati. Cinta sejati tidaklah memaksakan kehendak ke lain hati. Cinta sejati tidak harus mengatakan "I love you" di depan kekasih hati. Cinta sejati bukanlah nada-nada melankolis yang dilantunkan para biduan setiap hari. Cinta sejati bukanlah hasil kompromi. Cinta sejati bukanlah penyerahan diri menjadi budak-budak nafsu duniawi. Cinta sejati tidaklah menyengsarakan yang memilikinya sampai mati.

Cinta ada di mana-mana. Apakah kamu tidak merasakannya?
Cinta sejati adalah cinta yang mengenal diri. Mengenal eksistensi dirinya di alam duniawi, sebagaimana semua atom, molekul, foton mengenal dirinya sendiri. Cinta sejati adalah bertoleransi. Cinta sejati adalah rasa empati.Cinta sejati adalah berkata tidak pada korupsi, nepotisme, dan kolusi. Cinta sejati adalah kasih sayang antara suami dan isteri. Cinta sejati adalah saat para pengajar memberikan ilmunya. Cinta sejati adalah bersungguh-sungguh dalam menaikkan kesejahteraan masyarakat. Cinta sejati adalah membantu seorang nenek menyeberang jalan. Cinta sejati adalah menyiapkan secangkir teh hangat kepada keluarga di pagi hari.

Cinta sejati adalah saling bermaafan di hari raya. Cinta sejati adalah menghormati eksistensi orang lain. Cinta sejati adalah menasehati orang lain dengan jalan yang baik. Cinta sejati adalah menjenguk mereka yang di rumah sakit. Cinta sejati adalah memberikan seluruh daya upaya, kasih sayang, ilmu dan kebijaksanaan kepada generasi penerus bangsa. Cinta sejati adalah tidak membuang sampah sembarangan. Cinta sejati adalah memperbaiki atap yang bocor. Cinta sejati adalah mengantar seseorang menuju peristirahatan terakhirnya.

Terkadang kita meremehkan cinta. Ya, terlalu meremehkan cinta. Akibatnya cinta menjadi gersang di dalam hati. Cinta yang tidak dipupuk menyebabkan hati menjadi sepi. Mati dari kepekaan diri terhadap apa yang terjadi di sekitar kita. Cinta haruslah dipupuk, disemai, dan dibersihkan dari segala macam gulma. Dirawat tanpa mengharapkan buah dari tanaman cinta. Biarlah tanaman cintamu tumbuh begitu saja tanpa engkau berharap pernah memetiknya sekarang. Karena Sang Maha Pemilik Cinta akan menyulapnya menjadi sebuah alam semesta cinta di hatimu. Jauh lebih baik dari apa yang engkau harap dapat memetiknya.

Tidak ada komentar: